Perawatan Rambut Rontok Parah

Banyak orang mengalami rambut rontok parah. Kerontokan ini terjadi ketika anda mandi, saat Anda sedang mengeringkan rambut, atau ketika Anda menyisir – sebenarnya itu normal. Rata-rata, kita kehilangan lima puluh sampai seratus rambut sehari, kata Francesca Fusco, MD, dermatolog di New York City seorang dokter spesialis rambut rontok. Itu hanya rambut yang sedang melalui siklusnya, dan akan tumbuh rambut yang baru untuk menggantinya. Tapi rambut rontok bisa menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius yang perlu dievaluasi oleh dokter kulit dan perawatan rambut rontok yang memungkinkan.

4 penyebab rambut rontok parah dan bagaimana menanganinya

Telogen effluvium

Telogen effluvium adalah fenomena yang terjadi setelah kehamilan, operasi besar, penurunan berat badan yang drastis, atau stres yang ekstrim, di mana Anda melepaskan sejumlah besar rambut setiap hari, biasanya saat keramas, styling, atau menyisir. Hal ini juga dapat terjadi karena efek samping dari obat-obat tertentu, seperti antidepresan. Selama telogen effluvium, rambut bergeser lebih cepat dari biasanya dari fase tumbuh ke dalam “istirahat” fase sebelum bergerak cepat menjadi rambut rontok parah.

Gejala: Wanita dengan telogen effluvium biasanya terjadi rambut rontok 6 minggu sampai 3 bulan setelah peristiwa stres. Pada puncaknya, Anda mungkin kehilangan segenggam rambut.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rambut rontok parah: Dalam beberapa kasus, seperti kehamilan atau operasi besar, Anda mungkin harus menunggu waktu Anda sampai rambut rontok melambat. Jika obat adalah penyebabnya, konsultasikan dengan dokter Anda tentang menurunkan dosis obat. Jika terkait dengan stres, lakukan yang terbaik untuk mengurangi kecemasan.

Perawatan Rambut Rontok Parah

Perawatan Rambut Rontok Parah

Perawatan Rambut Rontok Parah

Gambar perawatan rambut rontok parah

Rambut Rontok genetik

Rambut rontok yang genetik dikenal sebagai androgenetic alopecia dan menurut American Academy of Dermatology, adalah penyebab paling umum kehilangan rambut. Gen dapat diwariskan dari ibu Anda atau sisi ayah dari keluarga, meskipun Anda lebih mungkin untuk terkena rambut rontok parah jika kedua orang tua Anda memiliki rambut rontok.

Gejala: Wanita dengan sifat ini cenderung untuk mengembangkan penipisan pada garis rambut di balik poni, kata Pamela Jakubowicz, MD, dermatolog di Montefiore Medical Center di New York City. Kondisi ini berkembang secara perlahan dan dapat mulai di usia 20-an. Anda mungkin rentan jika ibu Anda juga memiliki pola rambut rontok parah. Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut mungkin menyebar, yang berarti itu tersebar di seluruh kulit kepala.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk perawatan rambut rontok parah: Memperlambat rambut rontok dengan menerapkan minoxidil (Rogaine) ke kulit kepala dua kali sehari. Obat ini bekerja baik pada perempuan dan laki-laki, meskipun perempuan harus menggunakan dosis rendah – agar mencegah terjadinya efek samping pada kesehatan anda. Perempuan tidak harus menggunakan minoxidil jika mereka sedang hamil atau menyusui. Pria dapat diobati dengan finasteride (Propecia), sebuah obat oral.

Hypothyroidism

Jutaan orang, sebagian besar dari mereka wanita, menderita penyakit tiroid. Ketika tubuh Anda memproduksi terlalu sedikit hormon tiroid, hormon yang bertanggung jawab untuk metabolisme, denyut jantung, dan suasana hati, Anda dikatakan menderita hipotiroidisme atau tiroid. Jika tubuh Anda membuat terlalu banyak hormon, Anda dikatakan memiliki hipertiroidisme atau tiroid yang terlalu aktif. Hormon tiroid bertanggung jawab untuk segala sesuatu dari basal metabolisme, di mana tubuh Anda menggunakan oksigen dan energi yang berguna untuk pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku. Tetapi ketika Anda tidak memiliki jumlah yang cukup, Anda mungkin rentan penyakit.

Gejala: Hypothyroidism (terlalu sedikit hormon) dapat menyebabkan sejumlah gejala, termasuk berat badan, kelelahan, sembelit, depresi, dan kesulitan berkonsentrasi. Rambut, kuku, dan kulit dapat menjadi lebih rapuh dan lebih mudah pecah. Ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama yang berusia di atas 50, kata Theodore C. Friedman, MD, MPH, kepala divisi endokrinologi, metabolisme, dan kedokteran molekuler di Charles Drew University di Los Angeles dan penulis The Everything Guide to Tiroid Penyakit (Adams Media, 2007). Ini mempengaruhi sekitar 5 persen dari penduduk AS tetapi hampir 10 kali lebih sering pada wanita.

Hipertiroidisme (terlalu banyak hormon) dapat menyebabkan hilangnya berat badan, jantung berdebar-debar, gugup, lekas marah, diare, kulit lembab, dan kelemahan otot. Anda juga mungkin mengalami rambut rontok parah karena mempercepat metabolisme. Hipertiroidisme jauh lebih umum daripada hipotiroidisme dan mempengaruhi sekitar 1 persen dari penduduk AS.

Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun kronis dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat sendiri. Kondisi ini mempengaruhi sekitar 1,5 juta orang dan cenderung menyerang perempuan selama tahun-tahun subur mereka.

Gejala: Lupus sering menyebabkan kelelahan ekstrim, sakit kepala, ulkus oral, dan menyakitkan, bengkak sendi. Gejala lain termasuk demam, pembengkakan pada kaki dan tangan dan di sekitar mata, nyeri dada, dan anemia. Banyak orang juga mengalami rambut rontok parah, yang mungkin terjadi pada saat keramas atau menyisir rambut Anda.

Demikianlah artikel 9 penyebab rambut rontok parah yang semoga bermanfaat.

Iklan

Tag:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: